Hari Guru, Siswa Tasyakuran

Peringati Hari Guru Nasional, Siswa SMK Sunan Bejagung Gelar Tasyakuran

Sejarah Hari Guru Nasional 25 November berawal dari penghormatan pemerintah Indonesia di era Presiden ke-2 yaitu Bapak. Soeharto kepada Persatuan Guru Republik Indonesia.

Penghormatan ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Aturan itu ditetapkan sejak 24 November 1994.

Menurut Keppres 78/1994, guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

SMK Sunan Bejagung yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kab. Tuban, turut memperingati Hari Guru Nasional dengan caranya sendiri, tahun ini SMK Sunan Bejagung melakukan kegiatan syukuran yang dipanitiai oleh siswa sendiri. tasyakuran ini bermaksud agar siswa dapat menghargai perjuangan para guru, baik guru saat ini maupun guru yang telah mendahului. betapa kerasnya perjuangan guru dalam mendidik siswa setiap saat, bahkan ketika siswa masih tidur, guru sudah berfikir keras untuk mendidik siswa.

Kegiatan tasyakuran ini dimulai dengan siswa berdiri berbaris mulai dari gerbang hingga ke lapangan untuk menyambut kedatangan guru di sekolah, kemudian guru dipersilahkan menempati tempat yang sudah disediakan, kemudian perwakilan siswa membacakan sepucuk surat terimakasih kepada guru atas jasa tenaga, fikiran dan do’a yang telah dicurahkan hanya untuk siswa, juga tidak lupa siswa mengucapkan beribu ribu maaf atas kenakalan mereka yang belum mampu membalas kebaikan guru, setelah guru dipersilahkan memotong tumpeng yang sudah disediakan oleh siswa sebagai simbol rasa terimakasih siswa, acara itu kemudian ditutup dengan siswa secara bergantian bersalaman dengan guru satu per satu,

Sungguh khidmat acara yang berlangsung dari awal hingga akhir, semoga guru SMK Sunan Bejagung diberi umur panjang dan selalu dapat mendidik siswanya dengan penuh semangat, dan semoga siswa SMK Sunan Bejagung menjadi orang-orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Scroll to Top