Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Sunan Bejagung

 

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Sunan Bejagung dilaksanakan pada tanggal 14-15 Mei 2019 diikuti oleh satu rombel yaitu pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan. Untuk Soal yang digunakan dalam kegiatan ini adalah paket 4 di Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Dalam kegiatan uji kompetensi ini peserta UKK bertindak sebagai Teknisi Jaringan. Bertugas  sebagai seorang teknisi Jaringan adalah merancang bangun dan mengkonfigurasi sebuah Wifi Router berfungsi sebagai Gateway Internet, Webproxy, DHCP Server dan Firewall, kemudian internet tersebut dishare ke client melalui jalur kabel dan wireless.

 

POS Uji Kompetensi dan Uji Kompetensi Keahlian bisa didownload disini

Baca juga artikel lain di website ini 

Scroll to Top